Oleh : Reyne Niang Efendi

Kebutuhan akan data semakin berkembang dari tahun ke tahun, begitu pula dengan profesi seorang data analyst. Profesi yang satu ini memang sangat berhubungan dengan yang namanya data. Data sendiri merupakan segala bentuk informasi yang berupa angka, teks, gambar, dan lain sebagainya. Untuk pekerjaan yang satu ini, lebih berfokus pada berbagai jenis data yang dapat diolah untuk kebutuhan tertentu. Apabila anda tertarik dengan pekerjaan yang satu ini, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal terkait dengan pekerjaan tersebut. Sehingga, prospek kerja yang anda dapatkan dapat membantu anda dalam mengembangkan potensi diri.

Data analyst adalah pekerjaan yang berhubungan dengan segala jenis data dan bertanggung jawab untuk menerjemahkan data tersebut, sehingga dapat diolah dan dijadikan laporan untuk membantu proses manajemen dan pengolahan data perusahaan. Data analyst juga dapat dikatakan sebagai orang yang bertugas untuk menganalisis data untuk meningkatkan keuntungan, dan kredibilitas suatu perusahaan.

Gaji Data Analyst

Berdasarkan sumber dari website Kelly Service pada tahun 2018, rata – rata gaji yang dimiliki oleh seorang data analyst mencapai 11 juta rupiah. Untuk gaji tertingginya sekitar 18 juta, serta gaji terendah di posisi 4 juta. Untuk perhitungan gaji tersebut juga disesuaikan dengan pengalaman, tingkatan posisi, dan tanggung jawab yang dimiliki.

Contoh beberapa jabatan seorang data analis dimulai dari analis data, analis data senior, analis data magang, analis data klinik, dan analis data kuantitatif. Untuk mendapatkan posisi sebagai senior data analyst anda harus memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi agar dapat bersaing dengan analis data yang lain.

4 Skill Wajib yang Dikuasai oleh Data Analyst

Berikut ini merupakan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang analis data profesional:

  • Memahami penggunaan bahasa pemrograman SQL

Bahasa SQL merupakan bahasa pemrograman untuk menangani urusan pengelolaan dan manajemen data. Banyak tools yang digunakan untuk membantu dalam proses pengembangan aplikasi, seperti MySQL, SQL Server, PostGre, dan lain sebagainya. Pada umumnya, anda akan banyak bekerja pada sisi server.

  • Memahami konsep statistik dan matematika

Berikutnya, seorang data analyst juga harus mampu untuk memahami dan mengimplementasikan penerapan statistika dan matematika dalam membantu proses analisis data secara lebih akurat dan tersistem. Anda harus siap untuk berhubungan dengan berbagai bentuk sajian angka terkait data proyek.

  • Mampu untuk memvisualisasikan data

Selanjutnya, salah satu skill yang harus dimiliki seorang analis data adalah mampu untuk memvisualisasikan data ke dalam bentuk grafik dan visual. Sehingga, data yang berhasil diperoleh dapat disajikan dengan baik dan disampaikan dengan lebih komunikatif.

  • Mampu menggunakan machine learning

Skill terakhir yang harus anda kuasai adalah mempelajari dan mampu untuk menerapkan konsep pengembangan perangkat lunak dengan metode machine learning. Bahasa pemrograman yang biasanya digunakan adalah Python, R, JavaScript, dan bahasa pemrograman yang menerapkan paradigma OOP (Object Oriented Programming).