Bareng Pelaku UMKM, FEB UB Gelar Wujudkan Literasi Digital Ekonomi Pasca Pandemi di Desa

Program pengabdian kepada masyarakat FEB UB Malang terus digenjot ke daerah Kabupaten Malang, Jatim. Kali ini di Kecamatan Turen, Rabu, 22 Juni 2022.  Program Tri Dharma Perguruan Tinggi ini wajib bagi seorang dosen. Di Turen ini ada beberapa tim dosen. Di antaranya David Kaluge, Ph.D dan Puspitasari Wahyu Anggraeni, SE., M.Ec.Dev dari Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam 2 sesi. Kegiatan pertama dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2022 dan kegiatan kedua pada tanggal 26 Juli 2022.

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Literasi digital ekonomi di era post pandemic di kecamatan turen kabupaten malang” Lokasi acara bertempat di Balai Desa Talangsuko Kecamatan Turen Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur.

Forum yang sangat bermanfaat ini merupakan kerjasama antara Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dengan Pemerintah Kecamatan Turen. 

“Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat Desa Talangsuko, khususnya pelaku UMKM dan karang taruna yang memiliki peran penting dalam pengembangan desa. Di Desa Talangsuko memiliki UMKM yang sangat potensial untuk dikembangkan secara lebih optimal,” ucap David Kaluge, PhD 

Kegiatan pertama dilakukan dalam rangka penggalian informasi serta penyampaian materi ditinjau dari tataran akademis melalui FGD. FGD ini dihelat bersama dengan 26 UMKM dan karang taruna. 

Dari hasil kegiatan pertama ditemukan hasil bahwa hampir seluruh UMKM belum memiliki kemampuan dalam hal branding usahanya. Di samping itu, mereka kesulitan dalam mendesain logo kemasan atau membuat packaging yang menarik serta belum mampu membuat flyer yang menarik yang akan ditampilkan di media sosialnya atau di market place. 

Kegiatan kedua dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2022 dengan peserta pelaku UMKM sejumlah 25 UMKM yang memproduksi makanan ringan atau camilan serta pengelola BUMDesa Pronojiwo. Dalam kegiatan ini tim pengabdian bekerjasama dengan Jagoan Indonesia untuk melatih para pengusaha UMKM mendesain flyer dan logo kemasan serta bagaimana menggunggahnya di media sosial serta di marketplace. 

bocoran slot