27 Januari 2015

Prodi Baru Ekonomi Islam JIE FEB UB Ter-Akreditasi A BAN PT

Program Studi (Prodi) baru S1 Ekonomi Islam Jurusan Ilmu Ekonomi (JIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) berdasarkan SK BAN PT Nomor 478/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 telah memperoleh akreditasi A. Dengan perolehan akreditasi A tersebut, PS S1 Ekonomi Islam JIE ini juga merupakan Prodi baru pertama di lingkungan Universitas Brawijaya (UB) sekaligus PS Ekonomi Islam pertama yang memperoleh akreditasi A BAN PT di Indonesia.

Proses pengajuan akreditasi PS S1 Ekonomi Islam JIE ini dilakukan berdasarkan pada pengelolaan PS Ekonomi Islam yang sudah dimulai pada tahun 2011 dimana pelaksanaan PS Ekonomi Islam ini berjalan sesuai dengan SK Rektor Universitas Brawijaya Nomor 289/SK/2011 tentang Pembukaan Program Studi (S1) Ekonomi Islam pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Selanjutnya, dengan adanya SK Rektor tersebut, PS S1 Ekonomi Islam mengajukan perijinan pendirian PS ke DIKTI sehingga pada bulan Oktober 2013 PS S1 Ekonomi Islam mendapatkan ijin resmi dari DIKTI dengan SK 515/E/0/2013 tentang pendirian PS Ekonomi Islam. Latar belakang munculnya PS Ekonomi Islam ini berawal dari konsentrasi Ekonomi Islam di bawah Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan sejak tahun 2009/2010 dengan jumlah mahasiswa peminat setiap tahunnya semakin bertambah, maka pada perkembangannya konsentrasi Ekonomi Islam ini yang menjadi embrio untuk pendirian PS tersendiri dengan nama PS S1 Ekonomi Islam di bawah jurusan Ilmu Ekonomi (JIE) FEB UB.

PS Ekonomi Islam ini divisitasi oleh BAN PT pada tanggal 11-13 November 2014 dengan Asesor Prof. Samsubar Saleh dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan Prof. Ahmad Romdhni dari UIN Syarif Hidayatulah Jakarta. Adapun indikator penilaian yang diberikan oleh BAN PT untuk perolehan akreditasi berdasarkan pada Visi dan Misi yang ingin dicapai oleh PS Ekonomi Islam, Tata Pamong yang terselenggara di lingkungan PS Ekonomi Islam, kondisi kemahasiswaan baik prestasi secara akademik maupun non akademik, Kualitas dari Sumber Daya Manusia baik Tenaga Pengajar maupun tenaga administrasi, Kurikulum yang dilaksanakan di PS Ekonomi Islam. Dukungan atas dana untuk pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi Penelitian dan Pengabdian, dan yang terakhir terkait dengan kelayakan prasarana dan sarana dalam menunjang proses belajar mengajar.

“Alhamdulilah, pencapaian grade A atas akreditasi PS S1 Ekonomi Islam JIE yang masih terbilang baru dan masih pertama kali mengajukan proses akreditasi ini tidak terlepas dari doa, bantuan dan dukungan dari semua pihak baik universitas, fakultas, jurusan, dosen, mahasiswa maupun forum-forum ilmiah terkait dengan perkembangan Ekonomi Islam. Dengan perolehan ini harapannya, bisa menjadikan PS S1 Ekonomi Islam JIE semakin baik dan berkualitas dalam memberikan pelayanan akademik dan perkembangan Ekonomi Islam bagi masyarakat karena perolehan grade A ini merupakan tanggung jawab besar kita sebagai institusi pendidikan dalam menjaga kualitas pelayanan akademik kepada masyarakat. “ ujar Dr. Iswan Noor, SE., ME. selaku Ketua PS S1 Ekonomi Islam. [yni/rian]

 

Share This Post

 
 
 
2015 FEB UB. All Rights Reserved.
Powered by Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Created by PSIK