Layanan

No. Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1) (2) (3)
1 Bimbingan dan konseling 1.    Bimbingan Pengambilan Matakuliah dan Konsentrasi

Jurusan menyediakan dosen wali akademik bagi mahasiswa untuk berkonsultasi. Satu dosen wali akademik rata membimbing 20 mahasiswa. Melalui dosen wali akademik tersebut, mahasiswa bisa berkonsultasi berbagai hal yang bersangkut paut dengan permasalahan akademik. Misalnya, tentang pemilihan mata kuliah dan alur mata kuliah yang ditempuh. Mekanisme ini sangat efektif untuk membantu mahasiswa dalam memilih mata kuliah sesuai dengan perminatan konsentrasi perkuliahan yang dipilihnya. Dengan menggunakan kesempatan berdialog dan bertukar pikiran dengan dosen wali akademik-nya, mahasiswa juga seringkali terbantu untuk dapat menyelesaikan perkuliahan dengan waktu yang relatif singkat.Kualitias bimbingan bimbingan ini sudah sangat baik hal ini dibuktikan rata-rata lama studi mahasiswa selama 4,37 tahun, atau rata-rata mahasiswa tepat waktu dalam studinya.

 

2.    Tutorial dan Asistensi

Secara reguler pihak program studi mengadakan program tutorial metodologi penelitian, program ini ditujukan bagi mahasiswa semester tujuh, dengan menghadirkan dosen senior yang ahli dalam bidang metodologi serta melibatkan dosen-dosen junior untuk asistensi. harapannya setelah mahasiswa mengikuti program ini mampu menyelesaikan skripsi lebih cepat dengan demikian target kuliah tepat waktu dapat dipenuhi.

3.    Bimbingan Skripsi

Skripsi merupakan masa kritis bagi mahasiswa dalam menumpuh studinya, bahkan tugas akhir ini dirasa berat dan sulit bagi sebagian mahasiswa, terutama berkenaan dengan topik yang akan diteliti serta pemilihan metode penelitian yang tepat untuk penelitiannya tersebut. Oleh karana itu demi memperlancar proses pengerjaan skripsi oleh mahasiswa pihak program studi menyediakan dosen pembimbing skripsi dengan harapan dosen pembimbing dapat memberikan masukkan yang tepat sehingga proses pengerjaan skripsi dapat lebih lancar.

4.    Bimbingan bagi Mahasiswa yang Terancam Drop Out

Sesuai dengan peraturan Universitas, bahwa yang dimaksud dengan mahasiswa DO adalah mahasiswa yang pada awal semester indek perstasinya dibawah 2,00 dan mahasiswa dengan masa studi lebih dari 14 semester. Sebelum DO dilakukan, mahsiswa yang terancam tersebut diperingatkan terlebih dahulu, serta pihak program studi menyediakan bimbingan atau konsultasi yang dilakukan secara individu atau berkelompok. Diharapkan dalam proses konsultasi tersebut dapat terungkap kesulitan serta hambatan mahasiswa dan segera dicarikan solusinya secara bersama-sama, bahkan bila diperlukan pihak program studi dapat mengundang orang tua/wali untuk membantu permasalahan tersebut.

5.    Bimbingan Psikologis

Bagi jurusan mahasiswa adalah pelanggan utama, oleh karena itu demi menciptakan mahasiswa yang berdaya saing unggul serta beretika luhur, setiap mahasiswa PS Ekonomi Keuangan Perbankanberhak mendapatkan bimbingan atau konseling psikologis dibawah UJM (Unit Jaminan Mutu) fakultas. Untuk memperoleh layanan ini mahasiswa dapat berkonsultasi secara langsung di kantor PJM setiap jam kerja, bimbingan psikologis tidak saja ditujukan pada mahasiswa yang bermasalah namun juga bagi mahasiswa yang ingin mengoptimalkan kemampuannya baik akademik maupun non akademik.

2 Minat dan bakat (ekstrakurikuler) 1.    Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi

Saat ini Mahasiswa Ekonomi Syariah masih tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi (HMJ IE) yang merupakan wadah kegiatan mahasiswa dalam mengekspresikan aspirasinya. Adapun kegiatan yang diselenggarakan ditujukan kepada pengembangan akademik maupun non akademik mahasiswa, adapun contoh kegiatan yang diselenggarakan secara rutin oleh HMJ IE seperti seminar ilmiah baik ditingkat nasional maupun internasional, bakti sosial kemasrakatan, kegiatan kesenian serta kompetisi oleh raga. Terbukti dengan adanya HMJ di lingkungan jurusan dapat membantu mahasiswa dalam meraih prestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

2.    Lembaga Penerbitan Majalah Indikator

Majalah Indikator adalah majalah yang diterbitkan secara mandiri oleh mahasiswa dan digunakan sebagai ajang mahasiswa untuk mengasah kemampuannya dalam menyampaikan gagasan dan ide dalam bentuk tulisan selain itu pula majalah Indikator sarana pengembangan kemampuan dalam bidang jurnalistik kampus serta sebagai mimbar aspirasi. Dari lembaga ini pula lahir alumni-alumni yang berprofesi sebagai jurnalis.

3.    Central Islamic Economic Studies (CIES)

Central Islamic Economic Studies (CIES) merupakan forum diskusi mahasiswa yang memiliki minat yang sama pada bidang Ekonomi Syariah,sejak pertama kali berdiri forum studi ini telah mengadakan banyak kegiatan Ekonomi Syariah baik secara nasional mapun regional, selain itu prestasi anggota CIES selama ini cukup membanggakan, hal ini tercermin pada perolehan penghargaan yang diperoleh serta kepercyaan yang diberikan kepada salah satu anggota CIES sebagai kordinator region Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Syariah(FoSSEI) yang bersekala nasional.

4.    Dewan Perwakilan Mahasiswa

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) adalah lembaga intra kampus yang berperan layaknya senat atau dewan yang mengawasi pemerintahan mahasiswa dilingkungan Universitas Brawijaya selain itu DPM juga berfungsi sebagai lembaga legislatif yang menyusun undang-undang mahasiswa.Adapun mekanisme pemilihan ketua DPM dilakuakan melalui pemilu mahasiswa

5.    Lembaga Eksekutif Mahasiswa

Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) FEB UB dibentuk sebagai lembaga eksekutif pemerintahan mahasiswa dilingkungan lokal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, lembaga ini berfungsi sebagai sarana aktifitas mahsiswa dalam bidang politik dan sebagai jembatan aspirasi antara pihak mahsiswa dengan jajaran fakultas. Pemilihan ketua LEM FEB UB dilakukan sesuai dengan periode politik yakni lima tahun sekali.

6.    Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dibentuk sebagai sarana pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni dan olah raga, berbaga macam UKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa diantaranya adalah: tari, paduan suara, olahraga, resimen mahasiswa, pers dan lain-lain.

3 Pembinaan soft skills
  1. Pelatihan Kewirausahaan

Pelatihan kewirausahaan adalah program pelatihan yang dirancang untuk mengembangkan jiwa entrepreneur mahasiswa dengan harapan setelah mengikuti program ini mahasiswa dapat merancang bisnis plan dengan baik sehingga program ini adalah tahap awal mempersiapkan entrepreneur-entrepreneur muda yang tangguh dan handal.

  1. Pelatihan Bahasa Inggris (cross culture)

Bahasa Inggris merupakan lingua franca atau bahasa dunia, atau dengan kata lain bahasa Inggris merupakan bahasa pergaulan dunia, dengan demikian tujuan dari pelatihan adalah untuk menumbuhkan saling pengertian antar budaya, jika mahasiswa dikirim untuk student exchange

  1. Workshop penulisan artikel

Workshop penulisan artikel diadakan secara reguler dan dirancang untuk mengembangkan kemampuan dan teknik penulisan artikel ilmiah oleh mahasiswa, diharapkan setelah mengikuti program tersebut mahasiswa mampu menunangkan ide-idenya kedalam tulisan dengan lebih baik. Pelaksanaan workshop telah berjalan sangat baik dengan raihan prestasi mahasiswa pada ajang karya tulis ilmiah baik nasional maupun internasional.

  1. Workshop kepemimpinan

Mahasiswa merupakan calon pemimpin bangsa di masa depan, selain itu mahasiswa merupakan agent of change atau agen perubahan, yang nantinya akan berada dalam garda terdepan mengawal setiap dinamika perubahan yang terjadi di Indonesia, oleh karena itu jiwa kepemimpinan mahasiswa perlu dipupuk sejak dini, untuk melakukan tersebut maka workshop kepemimpinan dilakukan secara reguler yang diselenggarakan oleh HMJ FE bekerjasama dengan pihak program studi. Keberhasilan dari workshop ini salah satu mahasiswa jurusan berhasil menjadi kordinator region Jawa Timur Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI).

  1. Bimbingan Keimanan dan Ketaqwaan

Aspek spiritual merupakan aspek terpenting dalam kehidupan, bahkan menempati kedudukan tertinggi dalam keberhasilan seseorang mencapai kesuksesan, karena dengan aspek spiritual inilah manusia bisa selaras dengan alam dan dirinya. Program bimbingan keimanan dan ketaqwaan diadakan sebagai proses pembinaan spiritual mahasiswa agar kelak menjadi manusia yang beretika dan berbudi pekerti yang luhur.

4 Beasiswa

 

Mahasiswa dapat memperoleh informasi tentang beasiswa dengan membuka web www.beasiswa.ub.ac.id, adapun beasiswa yang secara regular ditawarkan adalah:

1.    Beasiswa Bakti Alumni FEB UB

2.    General Electric (GE) Foundation

3.    Bank Indonesia

4.    Beasiswa Djarum

5.    BFI Finance

6.    Dll

Pemberian beasiswa dilakukan dengan menetapkan kriteria tertentu berdasarkan prestasi akademik dan/atau non akademik dimana masing-masing durasi pemberian beasiswa tergantung pada donaturnya. Terlaksananya penyaluran beasiswa kepada mahasiswa yang layak secara akademik dan/atau non akademik.

5 Kesehatan

 

1.    Poliklinik Mahasiswa Universitas Brawijaya

Poliklinik Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), merupakan fasilitas kesehatan yang diberikan kepada seluruh civitas Universitas Brawijaya termasuk mahasiswa UB. Hasil kegiatan ini adalah adanya pelayanan kesehatan yang diterima mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi FEB UB.

2.    Rumah Sakit Universitas Brawijaya

Rumah Sakit Universitas Brawijaya merupakan rumah sakit umum milik universitas dan merupakan fasilitas kesehatan bagi seluruh civitas akademika Universitas Brawijaya dimana pihak rumah sakit akan memberikan layanan kesehatan cuma-cuma dan memberikan diskon bagi civitas akademika universitas Brawijaya yang melakukan pengobatan secara intensif.