24 September 2014

JIE FEB UB jadi Tuan Rumah Asean Consortium on Department of Economics Conference (ACDEC) Tahun 2014

Jurusan Ilmu Ekonomi (JIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB),  bekerjasama dengan konsorsiun ASEAN jurusan Ilmu Ekonomi yang terdiri dari beberapa Universitas anggota seperti Universiti Malaysia Terengganu (UMT), Universiti Utara Malaysia (UUM), Universiti Teknologi Mara, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, dan Universitas Trisakti berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaran diskusi keilmiahan ACDEC yang ketiga tahun 2014. ACDEC merupakan konferensi tahunan yang telah berhasil untuk mengakomodasi wacana Ekonomi di tingkat ASEAN sejak tahun 2012 terkait dengan isu-isu ekonomi pembangunan perdagangan antar dan daya saing di Asia Tenggara dan JIE pada ACDEC tahun 2014 ini dipercaya sebagai tuan dalam menyelenggaraka kegiatan ini.

Kegiatan yang akan diselenggarakan pada tanggal 4-6 Desember 2014 mengambil tema Interegional Trade, Competitiveness And The Role Of Small Businesses Towards Asean Economic Community (AEA) 2015 dengan beberapa sub tema (1) Challenges of regional cooperation in trade and finance, (2) Economic competitiveness, sustainable growth, and development, (3) The role of small business in globalization, (4) Issues in regional labor market dynamics, (5) Governance, public sector and bureaucratic reforms, (6) Economic integration and Asian regionalism, (7) Finance, banking structures and development of capital markets, (8) Regional case of trade liberalization and globalization, dan (9)Islamic Economic. Tujuan dari diselenggarakan kegiatan ini sebagai wadah bagi akademisi melalui pendidikan yang ada di ASEAN dalam menyambut ASEAN Economic Community 2015 untuk menghadapi peluang dan tantangan dari negara ASEAN dalam pemberlakuan ASEAN Economic Community 2015.

ACDEC ketiga yang diselenggarakan oleh JIE FEB UB akan mengundang beberapa pembicara yang terkait dengan isu pembangunan ekonomi, perdagangan dan daya saing terhadap Masyarakat Ekonomi ASEAN dari beberapa latar belakang diantaranya Prof. Tri Widodo, Ph,D dari Universitas Gajah Mada, Prof. Dr. Mohd. Dan Jantan dari Universitas Utara Malaysia dan Dr. Ir. Kasan, MM dari Direktur Pusat Kebijakan Perdagangan Luar Negeri, Departemen Perdagangan. Harapanya dengan beberapa pembicara yang diundang akan memberikan diskusi yang lebih mendalam tentang isu ekonomi pembangunan, perdagangan antar dan daya saing di Asia Tenggara dalam menghadapi MEA 2015.

Untuk itu dalam mendukung terselenggaranya ACDEC yang ketiga, JIE FEB UB mengundang akademisi, mahasiswa, pelaku bisnis, pemerintah, dan mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan mengirimkan paper sesuai dengan sub tema tersebut dan bisa berpartisipasi untuk menjadi peseta seminar.  Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan perkembangan kegiatan ACDEC ke tiga bisa mengunjungi http://acdec2014.ub.ac.id/ atau acdec2014@gmail.com atas nama saudara Aji Purba Trapsila (081333114059). (yni)

 

Share This Post

 
 
 
2015 FEB UB. All Rights Reserved.
Powered by Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Created by PSIK