Visi, Misi, Motto, Tujuan

Jurusan Ilmu Ekonomi sebagai bagian iontegral dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya memiliki visi menjadi lembaga pendidikan dan penelitian yang berkualitas dengan komitmen kepada pengembangan ilmu ekonomi terapan yang bersesuaian dengan kepentingan masyarakat. Selanjutnya bebrapa misi yang berhubungan dengan visi pengabdian kepada masyarakat tersebut diantaranya yaitu (i) melakukan penelitian dan kegiatan ilmiah lainnya yang berkualitas serta hasilnya dipublikasikan untuk pengembangan ilmu elkonomi; dan (ii) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat atas hasil penelitian dan pendidikan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di masyarakat. Dalam rangka mewujudkan misi tersebut, salah satu faktor kunci yang harus diperhatikan adalah kemampuan menganalisi fenomena-fenomena ekonomi yang terjadi di mayarakat.

kecenderungan yang terjadi pada dunia pendidikan saat ini menunjukkan bahwa lulusan-lulusan yang dihasilkan memiliki pengetahuan konsep teori yang mumpuni, tetapi kurang mampu menghubungkan konsep tersebut ke dalam realita yang terjadi dalam masyarakat. Kondisi ini salah satunya disebabkan karena keterbatasan kemampuan dalam menganalisis fenomena-fenomena dinamika sosial dalam masyarakat. Padahal kemampuan analisis merupakan suatu instrumen yang berupaya menghubungkan konsep teori dengan berbagai realita dinamika sosial yang terus bergerak. Di sisi lain hasil analisis akan semakin bernilai guna tinggi jika ditunjang dengan kemampuan visualisasi output dari hasil analisis itu sendiri. Pada arah inilah aspek kemampuan berbahasa dan berkomunikasi mengambil peranan penting . Kemampuan berbahasa dan berkomunikasi ini akan menentukan transfer informasi dari kesimpulan dan rekomendasi yang dihasilkan dari analisis suatu permasalahan yang dituangkan dalam laporan penelitian, skripsi, makalah, jurnal dan lain sebagainya.

Dalam upaya mengasah kemampuan analisis tersebut, Jurusan ekonomi Pembangunan mengembangkan suatu pusat pelatihan dan pengembangna yang berusaha mengintegrasikan pengetahuan ekonomi, bahasa, dan komunikasi. Pusat pelatihan dan pengembangan yang bernama “Economist Learniong Center (ELC)” ini pada dasarnya bertujuan meningkatkan berbagai keterampilan dan teknik analisis ekonomi dengan berlandaskan pada kajian teori dan metode penelitian yang relevan. Keberadaan ELC ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi khususnya, dalam menggali dan mengasah potensi kapabilitas analisis ekonomi dan visualisasinya, sehingga output analisis yang dihasilkan dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat luas.

Visi, Misi dan falsafah

Visi

Menjadi Pusat pembelajaran applied economics yang berkesesuain dengan kebutuhan masyarakat yang ditopang oleh kemampuan analisis kuantitatif, komunikasi dan bahsa asing.

Misi

  1. Mengembangkan minat, bakat dan keahlian mahasiswa dalam menganalisis fenomena dengan berlandaskan pada kajian teori dan metode penelitian yang relevan.
  2. Menjadi pusat studi bahasa dan komunikasi dalam rangka menunjang kemampuan visualisasi hasil analisis ekonomi

Falsafah

“tidak memberi ikan, tapi kail”

Membekali kail untuk menggali di samudra lautan yang tak terbatas, maknanya yaitu jika sudah ada kail dan menguasai teknik mengail dengan baik maka samudra ilmu pengetahuan akan dapat di explore dengan mudah. Sebagaiman nilai falsafah tersebut, keberadaan ELC ini diharapkan dapat memberikan keterampilan dan teknik analisis ekonomi untuk memperdalam kemampuan analisis dalam menggali ilmu ekonomi.

Tujuan dan Sasaran

Tujuan

Meningkatkan keterampilan dan teknik analisis ekonomi dengan berlandaskan pada kajian teori dan metode penelitian yang relevan, sehingga dapat menghasilkan output analisis yang berdaya guna.

Sasaran

Sasaran Jangka Panjang

Menjadi pusat pelatihan dan pengambangan (litbang) applied economics yang berkualitas, dengan mengintegrasikan litbang teknik analisis dan litbang kemampuan visualisasi hasil analisis.

Sasaran Jangka Pendek

  1. Terselenggaranya program/kegiatan litbang teknik analisis ekonomi, meliputi metode penelitian dan metode penulisa hasil analisis.
  2. Terselenggaranya program/kegiatan studi bahasa dan komunikasi untuk menunjang kemampuan visualisasi hasil analisis.
  3. Tersedianya wahana dan sarana bagi pelatihan dan pengembangan minat,bakat,dan kehlian mahasiswa dalam menganalisis fenomena ekonomi.

Program Kerja/Rencana Kegiatan

Sebagai sebuah pusat pelatihan dan pengembangan, ELC merencanakan program kerja sebagai refleksi dari vis dan misi, serta untuk mewujudkan tujuan dan sasarannya. Program kerja tersebut meliputi Economic Training (Pelatihan Ekonomi), Language Training (Pelatihan Bahasa), dan Communication Skill Training (Pelatihan Keahlian Berkomunikasi). Selanjutnya program-program tersebut dijabarkan ke dalam kegiatan-kegiatan operasional sebagai implementasi dari setiap program. Berdasarkan strategi pengelolaan ELC yang telah dirumuskan sebelumnya, pengelolaan ELC perlu memperhatikan keterkaitan dan kesinambungan antar kegiatan dan program, terutama dalam rangka mewujudkan visi,misi, tujuan dan sasaran yang ingin dicapai. Untuk mendukung langkah tersebut berikut disajikan Program Kerja/Rencana Kegiatan ELC tahun 2013.

Struktur Organisasi

Laporan Audit Internal Mutu

Sarana dan Prasarana

 

Share This Post